#JurnalFoto - Ibadah Retret (Memotret Pada Terik Matahari)

8:02:00 PM 0 Comments

Hai! Sudah lumayan lama juga saya tidak posting lagi, walaupun saya tahu tidak banyak yang membaca blog ini tapi saya akan selalu sempatkan untuk update  konten blog ini agar selalu up to date.

Posting kali ini saya mau berbagi cerita dan pengalaman saya pada saat memotret di acara Retret Jemaat di Gereja saya, BNKP Bandung. Acaranya sendiri diadakan pada tanggal 11-12 September 2016 yang lalu di Villa Orange, Lembang. Pada intinya, acara ini adalah acara kebersamaan antar jemaat khususnya jemaat di wilayah Sektor 1, gereja BNKP Bandung.

Acara dimulai dari tanggal 11 September sore dengan kegiatan kebaktian bersama dan seperti biasa, saya menjadi tukang potret di acara ini.

Kebaktian Bersama
Tidak terlalu wah ya fotonya. Yap, itu dikarenakan kondisi cahaya yang kurang pada ruangan dan kecilnya space untuk mengambil foto keseluruhan jemaat yang tersebar di seluruh ruangan, jadilah seperti ini fotonya. Sebenarnya akan lebih baik apabila angel foto diambil dari tengah, tetapi kebetulan bagian tengah depan ruangan digunakan untuk pengisi acara.

Foto Bersama
Inilah kami. Ya, sekali lagi fotonya kurang wah, kurang terorganisir. Saya juga menggunakan flash pada kesempatan ini, karena minimnya sumber cahaya yang bisa menerangi seluruh ruangan. Hasil ini pun bisa saya dapatkan lebih baik oleh karena peningkatan brightness pada post processing. Pada intinya, yang penting difoto, yang penting ada dokumentasi.

Berlanjut keesokan harinya, pagi hari sekitar jam 6 saya kembali ke Bandung dulu untuk mengantar pacar saya. Jadi, tugas memotret saya percayakan kepada teman saya yang masih tinggal di villa. Nah, siang hari sekitar jam 11 saya kembali ke villa, kembali saya bertugas untuk memotret.

Lucky Number
Ini foto yang jadi favorit saya. Ceritanya, jemaat-jemaat ini sedang membuat lingkaran untuk menentukan kelompok dalam kegiatan permainan. Pada saat momen yang tepat, saya mengambil foto ini. Yap! Angka 7 The lucky number tepat berada di tengah-tengah frame.

Kondisi cahaya pada saat saya memotret sedang dalam keadaan terik karena siang hari dan sedikit berawan. Pada kondisi ini, ada baiknya aperture di-set ke angka besar atau di-set ke bukaan kecil agar cahaya yang masuk tidak terlalu over. Selain itu, shutter speed di-set ke angka besar atau di-set menjadi lebih cepat. Pemilihan background dan POI (Point of Interest) itu tergantung selera masing-masing dan tergantung dari momen yang sedang terjadi. Pada saat saya memotret, awan dalam keadaan "cantik" untuk menjadi background dan saya mengambil angel sedikit dari bawah untuk mengambilnya sebagai background. Warna dan cahaya sedikit saya poles pada post processing untuk memunculkan warna yang lebih "asik" dipandang.

Itulah sedikit pengalaman saya memotret pada terik matahari dan kondisi kurang cahaya di dalam ruangan. Pada akhir acara ini saya kurang banyak memotret lagi karena kondisi badan yang kurang mendukung.

Semoga bisa jadi referensi buat pembaca semua.

Keep shining!

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 comments: