#JurnalFoto - Tempat Motret Favorit

1:10:00 AM 0 Comments

Jalan Merdeka, Bandung
Ridwan Kamil dan pemerintah kota Bandung telah menyulap tempat ini menjadi lebih asik untuk jalan-jalan. Dulu, sisi jalan/trotoar ini jarang orang lewat dan terkesan biasa saja. Namun semenjak ditambahkan ornamen seperti tiang lampu yang bergaya vintage, tiang-tiang hiasan untuk menggantungkan gembok (seperti di luar negeri), dll.  tempat ini menjadi semakin banyak dikunjungi orang-orang.

Foto di atas saya ambil sekitar pkl. 17.20 dan keadaan cuaca sedikit mendung. Lampu jalan yang sudah menyala, ditambah dengan warna awan yang sudah mulai membiru gelap, sorot lampu dari kendaraan-kendaraan yang melalui jalan Merdeka, saya kira menjadi kombinasi yang asik untuk memotret. Kesannya seperti sore hari yang damai dan bersahabat, seperti halnya kota Bandung.

Kekasih (ciyee)
Nah, foto ini juga saya ambil di tempat yang sama sekitar beberapa bulan yang lalu. Saya ambil sekitar pkl. 16.00. Matahari sedang dalam keadaan bersahabat, yang dalam istilah fotografi Golden Time; Keadaan dimana cahaya matahari sedang dalam keadaan seimbang (tidak terlalu terang atau tidak terlalu gelap), waktu yang tepat untuk memotret portrait. Pada saat golden time, cahaya yang menyinari objek foto (portrait) akan menghasilkan warna yang lebih natural dan less shadow. Jadi, inilah salah satu hasilnya. Ya, mungkin ada yang bisa memotret lebih baik lagi dari kombinasi warna, pose, atau modelnya; kembali lagi, seni visual itu persepsinya berbeda antara satu orang dengan lainnya alias tergantung selera.

Tips untuk yang mau memotret portrait, disarankan pada saat golden time. Sekitar pkl. 15.00 - 17.30 atau pada saat pagi sekitar pkl. 07.00 - 09.30. Cahaya matahari pada jam-jam ini dijamin tidak akan mengecewakan (kecuali sedang mendung), karena tidak terlalu terang dan cahaya yang dipantulkan pada objek akan menghasilkan warna yang lebih natural. 

Sekian mungkin pada posting saya kali ini. Semoga tips sederhananya bermanfaat.

Keep shine!

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 comments: