#JurnalFoto - Point of Interest

10:02:00 PM 0 Comments

We need More Green
Inilah foto pertama yang pernah saya publish dan mendapatkan sedikit respon dari khalayak media sosial, yang saya upload di fotografet.net

Saya beri judul "We Need More Green"...

Salah satu komentar yang paling mengena bagi saya adalah 
Jangan letakkan judul atau title dari foto pada objek foto. POI (Point of Interest) yang seharusnya burung pada foto ini, menjadi tertutup oleh teks yang ukurannya besar.
Saya pikir juga begitu. Pikir saya pada saat itu, mungkin akan lebih keren seperti iklan-iklan yang ada di website atau billboard apabila saya menambahkan teks pada foto. Akhirnya dengan pemilihan font yang sedemikian rupa, saya menghasilkan "karya" ini. Padahal, apa yang saya lakukan mungkin salah dalam persepsi orang lain; dan ternyata memang salah. 

Minimnya pemahaman POI atau fokus dari objek foto pada saat itu menyadarkan saya, bahwa tujuan kita memotret sebuah objek adalah cerita yang ingin kita sampaikan melalui objek tersebut dalam bentuk visual. Memang banyak kombinasi visual yang bisa digabungkan dalam sebuah karya; entah itu tipografi, tata letak, kombinasi warna. Namun akan lebih baik apabila kombinasi tersebut disajikan dalam porsi yang pas dan sesuai (enak dipandang mata).

Seperti pada foto ini, kombinasi warna hijau yang mendominasi foto dengan objek burung di tengah-tengahnya sebenarnya sudah pas. Pas karena objek burung yang menjadi POI berukuran kecil di tengah background pohon yang besar. Penambahan teks yang saya lakukan, justru mengganggu POI burung yang berukuran kecil dan makna yang ingin saya sampaikan melalui visual menjadi hilang. Hilang dikarenakan objek teks yang berukuran lebih besar dan pasti menjadi fokus pertama pada saat orang-orang melihat foto ini.

Pesan yang ingin saya sampaikan melalui foto ini adalah 

Burung kecil melambangkan jumlah yang sedikit (minor), sedangkan background hijau dari daun-daun pada pohon itu melambangkan jumlah yang lebih banyak (major). Mungkin masih sedikit orang yang aware terhadap gerakan Go green dan justru lebih banyak yang meng-eksploitasi alam untuk kepentingan bisnis/industri. Jadi, dari visual ini kira-kira bisa menggambarkan bahwa kita membutuhkan lebih banyak kawasan hijau (begitulah kira-kira).  

Memang buah pikiran dari foto ini terkesan seperti masih mentah dan baru ditemukan setelah foto sudah di-publish. But hey... Ini opini saya mengenai objek yang saya potret. Walaupun pada prosesnya tidak terpikirkan apa yang menjadi pesan dan tujuan saya memotret, namun selalu ada pesan dari sebuah visual dan dapat disampaikan dalam berbagai persepsi dan sudut pandang. Dari sudut pandang fotografi, jelas foto ini tidak bermakna banyak dan masih ada yang lebih bagus. Namun dari persepsi lain, mungkin ada pesan yang bisa diambil seperti yang sudah saya sampaikan.

Intinya, POI itu sangat penting. Potret sebanyak-banyaknya dan disarankan tidak mengganggu POI yang sudah ada dengan menambahkan teks atau ornamen lain dari foto yang kamu potret.

Keep focus!

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 comments: